Di blog ini saya memberikan Askep, LP&LK, SAP, Leaflet, dan Materi kuliah keperawatan (KGD, KMB, KEP.ANAK,dll) secara gratis.

Anggapan Salah Tentang Perawat Dalam Masyarakat

Halo sahabat perawat diseluruh indonesia, postingan saya kali ini akan mengulas bagaimana anggapan-anggapan yang salah dalam masyarakat tentang perawat, dan memberikan kenyakinan dengan fakta-fakta ilmu penegetahuan dari keperawatan. Keperawatan adalah salah satu profesi dari sekian banyak profesi yang ada dan keperawatan memiliki kode ilmu tersendiri dibanding dengan profesi lainnya. Tetapi saya tidak akan membahas tentang perawat secara rinci, tetapi dalam postingan ini saya akan membahas bagaimana anggapan salah yang selama ini tentang perawat telah menjamur dalam masyarakat, tetpai anggapan itu tidak benar adanya dan saya bilang semua anggpan itu salah, saya akan membahas anggapan seperti dibawah ini :

"ANGGAPAN TENTANG PERAWAT SEBAGAI PEMBANTU DOKTER"
 Anggapan tentang perawat adalah pembantu dokter mungkin sudah menjamur di masayarakat indonesia, tetapi  anggapan ini tidak ada landasannya dan sangat merendahkan harkat kita sebagai perawat, dengan kata lain anggapan ini sudah sepatutnya saya luruskan toh saya penulis ini juga seorang perawat,,hehe. Kenapa saya membantah anggapan masyarakat itu salah tentang perawat adalah pembantu dokter, karena berbagai alasan atau fakta, antara lain :
  • Antara dokter dengan perawat memiliki dasar ilmu / disiplin ilmu yang berbeda, dokter banyak mempelajari tentang tindakan medis pada pasien, sedangkan perawat mempelajari tindakan Pemberian Asuhan keperawatan pada pasien.
  • Antara dokter dengan tenaga perawat memiliki perbedaan tanggung jawab kepada pasien,dokter bertanggung jawab bagaimana tindakan medis seperti pemberian obat2an pada pasien,atau keputusan tindakan medis yang lain. Sedangkan perawat bertanggung jawab sepenuhnya pada pemenuhan kebutuhan dasar pasien/ manusia. seperti membantu untuk pasien untuk makan dan minum, membantu pasien untuk melakukan aktifitas yang belom mampu dilakukan, ataupun bahkan perawat bertanggung jawab menjaga kenyamanan pasien.
  • Antara kedokteran dengan keperawatan masing2 memiliki organisasi  yang berbeda, di indonesia kalo perawat nama organisasi nya adalah PPNI. Disini sudah menjelaskan bahwa dengan pusat oraganisasai yang berbeda antara perawat dengan dokter membuktikan bahwa dokter dengan perawat sudah memilik perbedaan dari segi keperofesian.
Postingan saya di atas meluruskan anggapan yang salah tentang perawat yang sudah lama saya dengar dimasyarakat. Bwat tmen2 perawat mari kita buktikan bahwa perawat indonesia memiliki kemampuan dan niat yang luhur dalam membangun kesehatan di indonesia maupun dunia. Mudah2an dari postingan saya ini tmen2 perawat atau sobat semua jangan lagi menaruh anggapan yang salah di atas dalam pikiran sobat semua, karna dari fkata2 diatas telah membuktikan antara perawat dengan tenaga dokter sudah jelas-jelas berbeda, baik dari segi disiplin ilmu, maupun tugas dan tanggung jawab terhadap pasien. Inilah argumen saya sebagai seorang perawat tentang anggapan yang salah itu, terserah bagaimana anggapan sobat semua tentang anggapan diatas, tapi saya berharap bahwa suatu saat nanti perawat indonesia mampu menunjukkan prestasinya di kancah internasional...AMIN..

1 comments:

anonyme said...

Bagi agan-agan dan sista-sista yang kuliah nya di perawat yang pengen cari materi tentang hipoglikemia mampir aja di sini
http://allifkecil91.blogspot.com/2013/04/proposal-hipoglikemia.html

Post a Comment