Di blog ini saya memberikan Askep, LP&LK, SAP, Leaflet, dan Materi kuliah keperawatan (KGD, KMB, KEP.ANAK,dll) secara gratis.

cacingan berpotensi menurunkan kecerdasan otak pada anak

Jangan pernah menganggap enteng masalah cacingan pada anak, apabila sudah mulai menjangkiti anak maka akan terdapat ciri2 sebagai berikut :
1.Badan semakin kurus
2. sudah teratur makan tapi masih aja badan nggak2 bertambah gemuk(sehat)
3. Perut buncit, dan tulang2 iga makin terlihat jelas
4. Apabila sudah kronis, bahkan dapat memberikan kelemahan pada si anak.
5. Diare pada anak
6.Terjadi perdarahan di usus
Ngomong-ngomongin masalah cacingan, anak-anak di seluruh indonesia pada saat ini sudah mengalami penurunan dibandingkan dengan masa tahun2 sebelumnya seperti pada tahun orde lama dan orde baru, data ini saya dapat dari dinkes indonesia.
Pakar kesehatan Anak Universitas Indonesia, Saleha Sungkar mengatakan bahwa cacingan teryata berpotensi dapat menurunkan tingkat kecerdadasan otak pada anak jika tidak segera ditangani.
Ancaman cacingan tidak boleh dianggap enteng oleh masyarakat indonesia (kita semua), sebab apabila tidak ditangani dengan cepat, tepat, dan berkesinambungan anak, maka akan mengakibatkan anak akan mengalami kekurangan gizi, anemia, dan ahirnya mengakibatkan kecerdasan anak menurun kata saleha disela-sela seminar,jakarta.
Daerah tropis seperti diIndonesia ini memiliki resiko tinggi tekena pada anak, selain faktor kebersihan dan pola makan Si Anak. Cacing yang sering ditemui pada daerah tropis adalah cacing gelang(Ascaris lumbricoides), cacing cambuk dan cacing tambang. Cacing dalam tubuh si Anak khususnya pada usus akan dapat menyerap sari makanan dan gizi, vitamin yang ada sehingga dapat mengakibatkan pendarahan di usus, sehingga anak mengalami hambatan dalam perkembangan fisik dan kecerdasan otak.
Oleh karna itu masalah kesehatan anak sangat harus diperhatikan terutama oleh Orang tua, dengan memperhatikan masalah-masalah kesehatan secara tepat maka akan memberikan penangan yang secara tepat dan akurat.

0 comments:

Post a Comment