Di blog ini saya memberikan Askep, LP&LK, SAP, Leaflet, dan Materi kuliah keperawatan (KGD, KMB, KEP.ANAK,dll) secara gratis.

Gigi sehat bukan berarti gigi yang putih

Gigi yang sehat merupakan idaman kita semua, namun kadang bingung sudah maksimalkah perawatan yang kita lakukan kepada gigi kita, sudah sehatkah kriteria gigi kita. Padahal pengamat dari Universitas sumatera Utara(USU),prof sondang pantauli, mengatakan gigi sehat tidak hanya tercermin dari kerapian dan warnanya saja, namun harus dilihat dari fungsinya.
Gigi sehat tidak cukup hanya putih dan rapi, tetapi harus didukung oleh kekuatan akar dan periodontal nya juga harus sehat. Meskipun laporan bebebrapa negara berkembang sudah mengalami kesadaran dan perawatan terhadap gigi sudah baik, namun kesehatan gigi dan perawatan mulut tetap akan menjadi masalah kesehatan yang harus ditangani dan ditanggulangi.
Pengertian masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut harus ditanamkan, mulai dari menjaga kesehatan diri sendiri,tidak hanya cukup untuk menjaga kesehatannya saja, tetapi kita juga harus menghindari faktor-faktor resiko yang menyebabkan kualitas kesehatan gigi dan kesehatan mulut menurun, seperti alkohol, merokok, stres.
Selain itu juga kita harus memperhatikan asupan gizi yang kita konsumsi, mengurangi Asupan gula dan dan konsultasi ke dokter gigi minimal 2kali setahun.

0 comments:

Post a Comment